Image Source : Kepala SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon, Ano Sutrisno memberikan piala kepada para siswa yang berprestasi saat upacara bendera, belum lama ini.*

SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon Juara Olimpiade Matematika Amerika

Fajarnews, CIREBON- SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon menjadi salah satu sekolah yang banyak menorehkan prestasi khususnya di bidang akademik. 

Belum lama ini SDN Kebon Baru IV memperoleh prestasi tingkatan internasional yakni American Math Olympiads (AMO) yang merupakan afiliasi antara Kolombia, Islandia dan Australia.

Pada kompetisi bergengsi tersebut, utusan SDN Kebon Baru IV menyabet 6 medali sekaligus yakni satu perak dan lima perunggu. 

“Kami  berkesempatan mengikuti AMO, sebab sekarang susah ada seleksi masing-masing di 30 negara. Setiap negara mempunyai passing grade untuk bisa memperoleh emas, perak, dan perunggu. Kebetulan saat itu ada salah satu sekolah di Kota Cirebon yang menjadi penyelenggaranya,” papar Kepala SDN IV Kota Cirebon, Ano Sutrisno kepada fajarnews, Rabu (30/1).

Dijelaskan Ano, prestasi tersebut menjadi catatan dari deretan prestasi yang telah ditorehkan para siswa SDN Kebon Baru IV. 

“Sejak Agustus 2018, SDN Kebon Baru IV sudah mengumpulkan 69 piala. Belum lama ini kami juga menjadi juara satu hitung cepat tingkat Jawa Barat dan juga juara dua nasional Taekwondo yang digelar oleh Kemenpora,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tidak puas dengan hal tersebut, SDN Kebon Baru IV kini sedang mempersiapkan Olimpiade Matematika tingkat nasional di Purwokerto dengan mengirim seorang siswa delegasi dari kelas 5. 

“Dari segi akademik kami memang sudah melampaui. Untuk itu kami juga ingin panen prestasi di non akademik juga agar seimbang. Kami juga tengah mempersiapkan anak untuk OSN, FLS2N, Sapta Lomba dan Pasanggiri. Dalam Pasanggiri ini kami targetkan bisa tembus ke provinsi,” tuturnya.

Prestasi akademik yang diperoleh siswa SDN Kebon Baru IV diperoleh dari proses yang tidak mudah. Sebab, para siswa sengaja dilatih untuk banyak mengikuti kompetisi agar bisa mengasah bakat dan kemampuan mereka.

“Kami ingin para siswa sudah siap saat ada lomba. Kami persiapkan dengan bentuk ekstrakurikuler. Di SDN Kebon Baru IV ada kelas MIPA dan ekskul Sempoa. Di non akademiknya ada futsal, mewarnai, angklung, degung, catur, menari, dan sebagainya. Bahkan grup vokal, degung dan angklung para siswa juga siap pakai dan kerap diundang untuk acara kedinasan,” papar Ano.

Selain itu, kata dia, SDN Kebon Baru IV juga menanamkan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) juga kegiatan literasi membaca buku bacaan dan Alquran. 

“Sebelum pembelajaran, selain berdoa kami juga wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menerapkan senyum, sapa, salam untuk meningkatkan penguatan karakter siswa. Kami juga menggerakkan literasi ‘Gelem Maca’ agar mereka semakin senang membaca,” tandasnya. (Nurmala)